Jumat, 03 Juni 2016

Pengalaman Sidang Tilang di Pengadilan Negeri Bekasi



Pada hari Rabu tepatnya tanggal 25 Mei 2016, saat gue berencana untuk pulang kerumah setelah selesai ngampus, temen gue bilang kalo di depan Al-azhar kalimalang lagi ada razia. Berhubung gue belum bikin SIM, jadi gue melipir lewat pinggiran kali yang sederetan sama Grand Metropolitan Mall itu. Ternyata bener tuh pas gue nengok ke jalan raya emang lagi ada razia. Gue bisa bernapas lega deh



Saat di perempatan lampu merah MM, rencananya gue mau lurus aja ke arah pintu air tuh biar nanti nembusnya di RSUD Bekasi dan stasiun. Tapi berhubung itu jam 12 lewat dan matahari lagi unyu-unyunya bersinar gue magerrrr banget. Pasti di stasiun bakalan macet dan gue pengen cepet-cepet nyampe rumah biar tidur. Akhirnya gue memutuskan untuk belok kiri kea rah flyover Summarecon Bekasi. Emang setiap hari gue lewat situ sih.
Tapi malang tak dapat ditolak. Di depan GOR situ ada razia juga! Ahh kampret. Mana polisinya banyak banget. Gue pun nekat untuk tetep jalan dan merasa deg-degan. Semua motor di berentiin. Mau lengkap mau enggak. Dan itu terjadi juga pada gue :”)
Padahal secara kasat mata, gue lengkap kok. Lampu motor nyala, spion ada, pake helem yang kacanya gelap juga (biar menyembunyikan muka panic gue) eh tetap aja gue lagi apes gue diberentiin dan diminta tunjukkin surat-surat. Karena yang gue punya Cuma STNK, yaudah gue kasih aja. Pas ditanya SIM nya mana gue bilang belum bikin. Yaudah akhirnya gue digiring ke pinggir jalan buat menemui polisi yang lainnya dan ditilang. Sebenernya sih bisa aja gue teriak-teriak sambil bilang kalo gue anaknya komandan polisi, atau gak gue nangis-nangis ke polisinya biar gue ga ditilang. Tapi malu braaayyy. Kalo kita salah yaudah terima aja konsekuensinya. Gausah pake ngeles-ngeles. Ga tanggung jawab itu namanya.
Pas gue dikasih surat tilang berwarna merah, gue nyoba tanya kan tentang slip biru ke bapak polisinya biar bisa langsung di transfer gitu denda tilangnya (gue nyoba ngikutin apa yang tersebar di sosmed tentang slip merah dan slip biru). Tapi ternyata slip biru itu gunanya untuk membayar langsung di Bank yang sudah ditentukan, bukan transfer. Itupun bayarnya kena denda maksimal.
“Kamu mau saya kasih slip biru? Tapi bayar dendanya nanti denda maksimal yaa.” Sambil menunjukkan denda tilang pasal 281(tidak mempunyai SIM) sebesar Rp 1.000.000 busyeettt kaget gue. Mahal juga ya. Lalu disaranin sama polisinya mending ikut sidang soalnya bayarnya itu murah. Okelah akhirnya gue memutuskan untuk ikut sidang.

Menurut surat tilang yang gue terima, gue harus ikut sidang pada tanggal 3 Juni. Yaudah tuh sepulangnya gue dari kampus, gue ditemenin sama temen gue untuk ke pengadilan. Gue sampe pengadilan sekitar jam 11 siang dan dari luar pun banyak calo-calo berkeliaran. Tapi mereka ga terang-terangan nawarin jasa calonya sih ke gue. Dan menurut gue, sayang aja kalo kita udah sampe sana tapi ujung-ujungnya make calo. Biar bisa ngirit juga sih hehehe
Didalem udah penuh banget yang ngantri nomer urut. Gue lupa kalo sekarang hari Jumat jadi kepotong istirahat solat jumat dulu sampe jam 1 baru buka lagi. Kesan pertama gue, pengadilan ini jauh dari yang gue bayangkan. Di meja bagian informasi kosong ga ada orang. Padahal gue berniat mau nanya ke petugas situ gue harus kemana kalo mau sidang tilang. Terus di dalem gerah banget ditambah pengap karna asap rokok juga. Padahal udah jelas-jelas disitu ada beberapa peringatan dilarang merokok.
Sekitar jam setengah 1 gue udah mulai ngantri, dan lama-lama makin penuh tuh orang-orang pada datang dan baris ngasal. Sebel deh gue mereka baru datang tapi gamau baris ke belakang. Maunya lewat dari samping dan nyelak. Petugas yang ngasih nomer antrian pun dating dan mulai desek-desekan, dorong-dorongan. Kebiasaan nih orang Indonesia yang gak pernah bisa belajar ngantri dan menghormati hak orang lain yang udah datang lebih awal. Karena banyak perempuan-perempuan yang tergencet, jadi akhirnya gue dan para perempuan lain barisannya dipisahin. Setelah dapet nomer antrian, gue nunggu di ruang sidang untuk dipanggil. Ternyata prosesnya cepet banget, setelah dipanggil oleh hakim dan kita maju, hakim akan membacakan kesalahan kita dan ngasih tau berapa denda yang harus kita bayar kalo gue denda Rp 76.000 . Jika udah, langsung bayar denda di tempat pembayaran.
Nah segitu aja sih pengalaman gue ikut sidang tilang di Pengadilan Negeri Bekasi Utara. Intinya, kalo gamau repot-repot ngantri dan buang-buang waktu kaya gini, kita harus melengkapi surat-surat berkendara dan jangan sampai melanggar peraturan lalu lintas. Hehehe





1 komentar:

  1. Ikut sidang slip biru apa mba bayar dulu di bank atau langsung saja datang pas waktu sidang yg tercantum ?
    Soalnya saya juga kena tilang di daerah bekasi dan mendapatkan slip biru...

    BalasHapus