Sabtu, 04 Juni 2016

Kunjungan ke PP IPTEK, Taman Mini Indonesia Indah



Beberapa hari yang lalu, gue dan teman-teman berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah, tepatnya ke museum Ipteknya. Awalnya kita janjian di deket kampus gundar jam 9 pagi, tapi baru jalan jam setengah 11 hahaha ngaretnya kebangetan. Kita kesana naik motor, dan baru sampai TMII jam 1 siang.


Sebelumnya gue dan teman-teman mampir makan siang dulu di warung pinggir jalan sekalian solat zuhur, baru deh lanjut ke TMII nya. Sampai disana, HTM untuk satu orang Rp 10.000 dan untuk satu motor Rp 6.000 jadi kalau kesana boncengan jadi lebih hemat bisa patungan hehehe.
Setelah muter-muter dan nanya satpam dimana tepatnya PP Iptek, kita berhasil menemukannya.
PP IPTEK buka setiap hari, Senin-Sabtu (08.30-16.00 WIB) dan Minggu (09.00-16.00 WIB dengan HTM Rp. 16.500



denah PP IPTEK

Pertama kali masuk, gedungnya cukup besar, desain interiornya juga keren.. Hal pertama yang buat gue bingung sekaligus ngilu liatnya adalah ada sepeda di atas tali tegang. Orang yang naik sepeda itu, gak akan jatuh. Karena tali itu datar, trus ada besi yang bikin seimbang antara sepeda dan pengendaranya jadi ga akan jatuh. Okeeyyy tapi tetep aja ngilu hahahaha

cr: to owner
Setelah itu gue menemukan bohlam ajaib yang biasa dipake peramal di film-film. Namanya bola listrik. Arus listrik dihasilkan dalam benda penghantar apapun dekat bola lampu karena gelas tidak menahan medan elektromagnetik yang disebabkan plasma (walaupun gelasnya menahan arus). Gelas berperan sebagai dieletrik dari konsedator yang terbentuk antara gas terionisasi dan tangan. Jadi saat kita pegang bla listrik itu, akan berasa kesetrum dikit.


Di Pusat Peraga IPTEK ini ada 16 wahana yang disediakan. Setiap wahana terdiri dari beberapa alat peraga pendukung. Semua alat peraga yang ada bisa kita cobain loooh. Gausah takut gatau cara mengoperasikannya. Di setiap alat peraga juga ada petunjuk, jadi bisa memudahkan pengunjung mengatasi rasa keingintahuannya tentang alat-alat IPTEK.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar